Minggu, 10 April 2011


mengkudeta gelar super computer tercepat sedunia dari tangan Amerika Serikat setelah China berhasil menciptakan Tianhe-1 yang mampu menghasilkan kecepatan 2.570 triliun kalkulasi per detik. Dalam versi inggris, Tianhe-1 disebut juga dengan Milky Way yang kini ditempatkan dalam posisi puncak daftar computer Top 500. Sementara AS harus bergeser ke peringkat kedua dengan Jaguarnya.
Jaguar merupakan super computer yang ditempatkan di salah satu fasilitas milik pemerintah AS di Tennessee. Jaguar mampu menghasilkan kecepatan 1.750 triliun kalkukasi per detik.
Tak cuma Tianhe-1 yang mengharumkan nama China di kancah persaingan para komputer kelas berat ini. Sebab sebelumnya ada Nebulae yang ditempatkan di National Supercomputing Centre di sebelah selatan kota Shenzhen.
Nebulae berada di posisi ketiga dalam daftar super komputer Top 500 dan mampu menampilkan performa 1,271 petaflop per detik. Satu petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi.
AS memang masih mendominasi daftar super komputer sejagad, dengan menguasai lebih dari setengahnya. Namun prestasi China pun tak kalah mentereng, dimana sudah diwakili oleh 42 mesin.

iberita.com

0 komentar:

Poskan Komentar