Kamis, 07 April 2011

China..negeri tirai bambu yang dalam 1 dekade terakhir ini termasuk negara yang begitu fenomenal membangun berbagai bidang di segala lini, dari mulai pertahanan, ekonomi, tekhnologi dan yang lainnya. Sangat pantas China disebut sebagai negara super power baru yang bakal menyaingi Amerika. Padahal dalam 20-30 tahun yang lalu negeri China masih dalam katergori Miskin dan berkubang dengan permasalahan Negerinya sendiri. Tapi kali ini China membuktikan bahwa negara mereka pantas disematkan sebagai Negara yang tingkat perekonominannya paling maju di dunia. Pantas saja baru baru ini Barack Obama Menjamu Presiden China Hu Jintao begitu istimewa bak seorang Raja Dunia.


8 Alasan Negara China Mampu Kuasai Ekonomi Dunia Menyaingi Amerika
Berikut 8 Alasan Negara China Mampu Kuasai Dunia Menyaingi Amerika

1. Ekonomi China saat nomor dua dunia, setelah menyalip Jepang akhir tahun lalu. Volume ekonominya US$ 5 triliun

2. Pemberi kredit terbesar kepada sejumlah negara mengalahkan Bank Dunia dengan syarat lebih mudah pula. Jumlahnya dalam dua tahun ini US$110 miliar, sementara Bank Dunia hanya US100 miliar, syarat-syaratnya mencekik negara peminjam.

3. Terus mengumpulkan cadangan devisa yang sekarang ini posisinya nomor satu di dunia, yakni US$ 2,85 triliun pada akhir tahun 2010.

4. Membangun pusat-pusat riset dan perguruan tinggi setara MIT. Dalam sepuluh tahun terakhir setidaknya 20 perguruan tinggi berdiri megah di seantero China yang klasnya setara dengan perguruan tinggi terkemuka di Amerika dan Eropa.

5. Mengembangkan teknologi militer dan membangun angkatan bersenjatanya. Selain telah memiliki pesawat tak terlacak radar dimana hanya Amerika yang memilikinya, sekarang telah selesai membangun kapal induk yang setara dengan kapal induk Amerika.

6. Penduduk terbanyak di dunia yang jika ekonominya terus tumbuh rata-rata 10% seperti yang sudah diperlihatkan dalam sepuluh tahun terakhir ini, maka akan menjadi pasar yang paling besar. Saat ini jumlah penduduk China lebih dari 1,3 miliar orang.

7. Mengembangkan teknologi luar angkasa dimana negara ini sudah memulai meluncurkan satelitnya sendiri dan mengakhir ketergantungannya pada Amerika.

8. Bangga dengan keagungan budayanya sendiri dan memang memiliki khasanah kebudayaan yang amat banyak, dan kini mulai menyebar ke seluruh dunia.

Atas semuanya itu mantan menteri tenaga kerja Amerika, Robert Reich menulis di Huffington Pos, " China akan menjelma menjadi negara nomor satu dan disegani dunia," tulisnya seraya membuat metafora: China menyantap makan siang Amerika.

Apa pun kata orang mengenai politik negara ini, China berhasil memadukan dengan sempurna antara kapilisme dan komunisme menjadi apa yang disebut Deng Xiaoping sebagai sosialisme berkarakter China. (Sumber Tribunnews.com)

0 komentar:

Poskan Komentar